Cara Menghapus Virus Shortcut Pada Komputer Tanpa Aplikasi

Salah satu hal seringkali mengganggu saat menjalankan aktivitas komputer adalah dengan adanya virus shortcut. Keberadaan virus ini tentu sangat menjengkelkan, karena pasti akan muncul shortcut-shortcut yang mengganggu dan tidak jelas. Keberadaan virus ini biasa ditandai dengan berubahnya file-file atau folder menjadi shortcut, sedangkan file/ folder yang asli terhidden atau tersembuyikan oleh virus. Karena adanya virus ini sangat mengganggu maka perlu adanya solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dalam mengatasi permasalahan tersebut tentunya bisa dilakukan dengan manual (tanpa bantuan aplikasi) atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi. Nah, berikut ini akan berikan informasi tentang cara menghapus virus shortcut pada komputer tanpa aplikasi.

Advertisement

menghapus virus shortcut

Cara Cepat Mengatasi Virus Shortcut di Komputer atau Laptop

Pada dasarnya, tersedia banyak sekali aplikasi atau software anti virus yang bisa dipakai untuk mengatasi adanya virus shortcut di komputer maupun laptop yang Anda pakai. Namun demikian, terkadang banyak pengguna komputer yang kurang puas dengan menggunakan anti virus pada laptop maupun komputer mereka, sehingga cara yang manual-lah yang menjadi pilihan mereka untuk mengatasi permasalahan klasik mereka. Hal ini tentunya tidak disalahkan, pilihan pengguna komputer maupun laptop tetap kita hargai. Mereka tidak menggunakan aplikasi software anti virus tersebut mungkin juga karena penggunaan antivirus belum membuahkan hasil yang maksimal, sehingga perlu cara yang lain untuk mengatasi virus-virus nakal tersebut.

Tips Menghilangkan Virus Tanpa Menggunakan Aplikasi AntiVirus

Pada umumnya cara menghapus virus shortcut pada komputer tanpa aplikasi yang biasa dilakukan oleh pengguna komputer maupun laptop yaitu sebagai berikut: Pertama, buka menu windows explorer, kemudian pilih tools, setelah itu folder options  view. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan, nah pada bagian menu hidden files & folders, Anda bisa memilih show hidden files & folders. Setelah itu pada bagian yang lain yaitu “hide protected OS” (hilangkan centangannya). Kemudian pilih “OK” untuk menutup jendela “folder options”.

Artikel Lainnya: Antivirus terbaik untuk hp android

Dengan berpedoman pada tahapan di atas, file maupun folder yang Anda miliki sudah bisa dibuka, akan tetapi masih dalam keadaan/posisi terhidden, sehingga perlu mengembalikan file yang terhidden tersebut. Pada dasarnya untuk menghilangkan virus shortcut dan mengembalikan file yang terhidden bukan persoalan yang sulit untuk dilakukan. Dimana mengatasinya bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan cmd bawaan windows. Dengan bantuan tools cmd ini-lah Anda bisa menghilangkan virus shortcut pada komputer maupun laptop yang Anda miliki.

Untuk menampilkan kembali data yang tersembunyi atau terhidden tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan cmd, dengan mengetikkan drive letter yang terhidden. Kemudian tuliskan “attrib -s -h -r /s /d kemudian Enter. Setelah itu, tunggu proses cmd berjalan sampai selesai atau hingga drive usb-nya muncul. Kemudian yang selanjutnya bisa Anda masuk ke drive yang Anda inginkan. Nah itulah cara menghapus virus shortcut pada komputer tanpa aplikasi.

Artikel lainnya: software gratis untuk membuat tampilan windows 7 lebih keren

Description: Seringkali permasalahan yang kita jumpai dan kita alami pada komputer, laptop, hingga flasdisk adalah tentang adanya virus. Adanya virus ini tentunya sangat mengganggu aktivitas Anda dalam menggunakan komputer. Untuk itu perlu adanya penanganan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Pencarian Terkait:

komputer, cara buang virus shortcut di komputer DENGAN SOFTWARE, cara buang virus shortcut pada desktop windows vista, cara hapus virus shortcut di pc tanpa aplikasi, cara meghapus virus 505040, cara mendeteksi aplikasi nakal dan menghapusnya
Cara Menghapus Virus Shortcut Pada Komputer Tanpa Aplikasi | admin | 4.5