Cara Partisi SD Card Melalui Aplikasi Minitool Yang Mudah

Cara Partisi SD Card Melalui Aplikasi Minitool Yang Mudah-Layaknya pada komputer atau laptop, partisi dilakukan ke dalam beberapa bagian seperti drive C, drive D, drive E, drive F dan seterusnya. Pemisahan tersebut bertujuan agar respon yang didapat akan lebih cepat lantaran komputer akan lebih cepat membedakan antara file system dengan file-file yang lain seperti video, musik maupun foto. Lalu bagaimana Cara Partisi SD Card Melalui Aplikasi MiniTool? Tenang, bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara untuk mempartisi SD card dengan aplikasi MiniTool, silahkan simak penjelasan berikut.

Advertisement

Cara Partisi SD Card Melalui Aplikasi MiniTool yang sangat mudah

Untuk mempartisi SD card menggunakan aplikasi MiniTool langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload aplikasi MiniTool Partition, setelah aplikasi tersebut berhasil terdownload langkah selanjunya yang harus dilakukan adalah menginstall aplikasi tersebut di komputer atau di laptop yang ingin digunakan untuk melakukan partisi SD card tersebut. setelah aplikasi MiniTool Partition tersebut berhasil terinstal maka langkah selanjutnya adalah jalankan aplikasi MiniTool Partition tersebut. selanjutnya anda perlu mengkosongkan isi SD card yang ingin dipartisi, selanjutnya dengan menggunakan card reader hubungkan SD card ke komputer atau laptop tadi.

cara partisi sd melalui mini tool

Advertisement

Cara Partisi SD Card Melalui Aplikasi MiniTool selanjutnya adalah anda akan mendapati menu Disk 2 di layar aplikasi MiniTool Partition yang dijalankan. Untuk langkah selanjutnya klik kanan pada memori card tersebut dan pilihlah create atau bisa juga dengan cara klik menu shortcut create yang ada pada bagian atas, selanjutnya akan terbuka sebuah jendela baru. Pada jendela tersebut merupakan partisi yang pertama yang akan digunakan untuk menyimpan file music, video dan juga foto, pada pilihan partision label bisa dikosongkan, pada create as pilih yang primary. Selanjutnya pada file system pilihlah yang FAT32 dan pada Partition Size isikan dengan seberapa besar partisi yang anda inginkan.

partisi sd card

Untuk partisi yang kedua nantinya partisi ini akan bermanfaat untuk menyimpan semua file sistem. Caranya klik kanan pada disk Unallocted, pilih created, akan muncul sebuah peringatan klik Yes. Dan pada Partision label tetap dikosongkan saja, pada pilihan create as pilih juga primary. Sedangkan pada file system pilihlah Ext2 dan pada custer Size pilihlah 4kb. Pada pilihan partition size jika partisi yang dilakukan hanya akan menjadi 2 bagian maka pilihan ini tak harus diisi karena secara otomatis akan mengisi sisa ruang pada SD card.

Partisi bisa dilakukan menjadi 3 bagian atau lebih, namun sangat berisiko terhadap SD card itu sendiri. Jika SD card dipaksakan untuk dipartisi menjadi 3 bagian misalnya, maka SD card akan cenderung akan mempercepat kerusakan yang akan terjadi pada SD card. Untuk itu sebaiknya hanya lakukan 2 pembagian saja. Demikianlah Cara Partisi SD Card Melalui Aplikasi MiniTool semoga bermanfaat.

Cara Partisi SD Card Melalui Aplikasi Minitool Yang Mudah | admin | 4.5