Cara Cek Penggunaan RAM Pada Android Oreo

Google telah resmi meluncurkan sistem operasi terbaru android yaitu Android Oreo. Ada banyak fitur baru yang bisa dinikmati didalamnya. Meskipun tidak semua fitur dibarukan, namun ada beberapa perubahan, termasuk dalam bagian setting RAM. Banyak dari para pengguna ponsel berbasis Oreo yang tidak tahu bagaimana Cara Cek Penggunaan RAM Pada Android Oreo. Biasanya, menu penggunaan RAM bisa ditemukan pada menu utama Settings atau Setelan. Namun pada ponsel berbasis Oreo tidak akan ditemukan menu tersebut lagi.

Advertisement

Menu tersebut sebenarnya bukan dihilangkan. Hanya saja, aksesnya berubah sehingga pengguna bisa menggunakan cara lain untuk mengakses atau melihat penggunaan RAM pada ponsel. Mengecek penggunaan RAM sendiri cukup penting agar pengguna bisa melihat seberapa besar memori yang digunakan sejauh ini. Jika performa ponsel menurun, maka pengguna bisa melakukan pembersihan aplikasi yang tidak perlu agar RAM bisa lebih kosong dan performa ponsel kembali normal.

cara cek penggunaan ram android oreo

Berikut Cara Cek Penggunaan RAM Pada Android Oreo:

1. Aktifkan mode Developer di ponsel Oreo kamu dengan cara masuk ke Setelan lalu pilih Sistem dan pilih Tentang Ponsel. Tap dibagian nomor build beberapa kali sampai pemberitahuan aktif muncul.

2. Kembali ke menu Sistem lalu pilih opsi Developer.

3. Tap opsi tersebut dan nantinya akan muncul opsi penggunaan Memori.

4. Tap opsi memori tersebut maka kamu akan melihat penggunaan RAM dan ROM dari ponsel Oreo kamu. Selesai.

Jadi, menu untuk melihat penggunaan RAM tidak dihilangkan. Hanya saja ia berpindah ke menu sistem. Banyak dari para pengguna yang bingung dimana mencari menu penggunaan RAM. Karena ini adalah menu yang cukup esensial, jadi tidak mungkin bagi Google untuk menghilangkannya. Jika RAM kamu memiliki sisa kapasitas yang masih banyak, maka performa ponsel kamu tidak akan lemot. Jika sisa RAM tinggal sedikit, hapus aplikasi-aplikasi yang tidak perlu dari ponsel kamu. Dan lakukan scan anti virus untuk membersihkan sampah-sampah di ponsel kamu.

Kelebihan android Oreo

Google meluncurkan sistem operasi terbaru ini tentunya dengan memberikan warna baru yang berbeda dan lebih canggih. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki sistem operasi Oreo:

1. Fitur-fitur yang tersedia lebih simple untuk digunakan dimana menu slide out sudah tidak ada. Namun ini membuat penggunanya akan lebih leluasa dalam menjalankan fitur-fitur didalamnya.

2. Oreo juga mengubah proses background limits. Yang mempengaruhi kinerja sejumlah aplikasi. Hal ini berdampak pada lebih hematnya penggunaan baterai. Dengan kata lain Oreon tidak akan mengakses aplikasi yang tidak berpengaruh pada aplikasi yang sedang dijalankan pengguna. Fitur ini memakan sedikit daya sehingga daya baterai lebih awet.

3. Adanya autofill password untuk mempermudah pengguna login ke berbagai aplikasi. Fitur ini bermanfaat bagi pengguna yang memiliki banyak aplikasi dan seringkali lupa password.

4. Hadirnya picture in picture mode. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk menonton video sambil melakukan aktivitas lain pada perangkat androidnya. Misalnya nonton video sambil chatting atau akses kalender, dll.

Baca juga : Aplikasi Penambah Ram Android Tanpa Root 100% Work

Hadirnya sistem operasi android Oreo tentunya membawa angin segar bagi para pengguna ponsel android. Fitur-fitur didalamnya dikembangkan untuk membantu pengguna menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lebih mudah dan praktis. Itulah informasi seputar Cara Cek Penggunaan RAM Pada Android Oreo. Untuk para pengguna baru ponsel android bersistem operasi Oreo akan sedikit canggung dalam mengoperasikannya. Namun dipastikan kecanggungan itu tidak akan berlangsung lama karena fitur-fitur dibuat untuk kemudahan penggunanya.

Pencarian Terkait:

android oreo memakan banyak ram, cara bersihkan ram di os oreo, Cara cek andr, cara cek android oreo, membersihkan ram di android oreo, menghapus penggunaan ram oreo, pembersih ram android oreo
Cara Cek Penggunaan RAM Pada Android Oreo | admin | 4.5