Cara Edit Foto Menggunakan Aplikasi VSCO di Android

Cara Edit Foto Menggunakan Aplikasi VSCO-Sebagian besar pengguna handphone Android yang menyukai fotografi tentunya mengenal VSCO. Aplikasi ini menggabungkan fungsi kamera dan editor foto. Banyak pengguna handphone Android yang menempatkannya sebagai salah satu aplikasi fotografi terbaik. Ragam fitur edit foto yang ditawarkannya adalah hal yang paling menarik pengguna smartphone. Anda dapat menghasilkan foto-foto menarik yang layak diunggah ke media sosial dengan menggunakan program ini. Mari kita pelajari cara edit foto dengan aplikasi VSCO agar Anda dapat menghasilkan foto terbaik!

Advertisement

Orang-orang yang menyukai fotografi dapat menggunakan handphone mereka sebagai media untuk menunjang minat tersebut. Dengan menginstal VSCO di handphone, foto-foto indah dapat dihasilkan tanpa perlu mengunduh aplikasi untuk mengedit foto yang lainnya. Berbagai filter ditawarkan oleh aplikasi ini untuk membuat hasil foto menjadi lebih menarik. Bagaimana cara mengedit foto menggunakan VSCO? Berikut ini adalah tahap-tahapnya.

cara edit foto dengan vsco

Mengedit Foto dengan Aplikasi VSCO di Handphone Android

1. Mengakses Menu “Studio” di Aplikasi

Anda harus memastikan bahwa aplikasi ini sudah terinstal dengan sempurna di dalam handphone. Pengguna Android dapat mengunduhnya secara gratis melalui inventori aplikasi yang disediakan. Setelah aplikasi telah terunduh, maka Anda harus menginstalnya ke dalam sistem handphone. Apabila tahap tersebut telah dilakukan maka pengguna harus membuat akun VSCO. Pahami langkah-langkah di bawah ini.

  • Akses aplikasi VSCO di handphone.
  • Tekan tombol “Sign up to get started”.
  • Pilih “Sign up with phone number” jika Anda ingin menggunakan nomor handphone atau “Sign up with email” untuk registrasi menggunakan alamat email.
  • Tuliskan informasi pendaftaran, yaitu: alamat email atau nomor handphone, nama user, dan kata sandi.
  • Tekan “Sign up”.
  • Lakukan tahap verifikasi akun sesuai petunjuk.

Setelah akun sudah terdaftar, aplikasi ini dapat digunakan sebagaimana mestinya. Untuk memulai proses edit foto, tekanlah ikon berbentuk kotak yang terletak di kolom ketiga dari kiri pada bagian bawah layar. Semua foto yang telah diambil menggunakan kamera handphone akan terpampang dengan jelas.

2. Memilih Foto yang Akan Diedit

Tugas berikutnya adalah memilih foto yang akan diedit. Pengguna handphone hanya perlu menekan foto yang akan diedit dan foto tersebut akan langsung ditandai oleh aplikasi. Akan tetapi, ada kalanya Anda tidak melihat foto yang ingin diedit. Hal ini terjadi ketika foto belum masuk ke dalam database VSCO. Perhatikan cara berikut untuk memasukkan foto yang ingin diedit ke dalam aplikasi.

  • Tekan tanda (+) yang terletak pada bagian kanan atas layar.
  • Semua foto yang telah diambil oleh handphone Android akan terpambang dilayar.
  • Pilih foto yang akan diedit dengan menekannya.
  • Tekan tombol “Import”.

3. Menekan Ikon “Editing”

Setelah foto yang akan diedit telah terpilih, Anda perlu menekan ikon “Editing”. Ikon ini dilambangkan dengan dua garis paralel tombol berbentuk bulatan kecil di masing-masing garis. Pengguna akan dapat mengakses berbagai fitur editing yang ditawarkan oleh aplikasi edit foto VSCO dengan menekan ikon tersebut.

4. Memilih Filter yang Ingin Digunakan

Tahapan proses mengedit foto yang pertama adalah memilih filter. Dengan mengubah filter, foto tersebut akan menampilkan suasana yang berbeda karena bayang-bayang dan warna dalam foto diubah sedemikian rupa untuk menghasilkan suasana tertentu. Tahapan ini bisa saja dilewati dengan mudah. Akan tetapi, filter yang sesuai dengan foto akan meningkatkan estetikanya. Berikut ini cara mengubah filter.

  • Melihat pilihan filter yang terletak pada bagian bawah layar.
  • Tekan filter yang ingin digunakan untuk foto untuk melihat efek yang dihasilkan pada foto Anda.
  • Pastikan filter yang akan dipilih.
  • Melakukan pengaturan intensitas filter untuk menyesuaikannya dengan foto yang ingin diedit dengan menekan filter terpilih dua kali. Intensitas yang dipilih berkaitan dengan kontras, temperature, saturasi, dan lain sebagainya.

Meskipun aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, terdapat beberapa pilihan filter yang berbayar. Pelanggan perlu membayar biaya langganan agar dapat menggunakan filter-filter tersebut. Meskipun begitu, Anda menggunakan filter-filter berbayar tersebut dalam jangka waktu yang terbatas. Beberapa filter paling populer di aplikasi ini adalah HB2, A9, dan SE3.

5. Memilih Fitur Edit yang Ingin Diterapkan

Setelah filter yang diinginkan telah terpilih, ini saatnya pengguna melakukan edit foto dengan aplikasi VSCO. Aplikasi ini menyajikan beragam fitur editing yang sangat bermanfaat untuk menghasilkan foto berkualitas baik. Beberapa fitur yang diterapkan juga dapat menghasilkan fungsi filter yang telah dijelaskan sebelumnya meskipun perlu dilakukan secara manual. Berikut ini fitur-fitur yang ditawarkan.

  • Adjust. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengubah orientasi dan ukuran serta memotong bagian foto.
  • Clarity. Fitur ini akan meningkatkan kejelasan gambar dengan mengurangi blur yang berlebihan.
  • Sharpen. Fitur ini membuat objek di dalam foto terlihat lebih tegas karena detail-detail garis di dalam foto ditebalkan.
  • Tone. Fitur ini dapat mengurangi maupun meningkatkan unsur highlights and bayangan di dalam foto.
  • Fade. Fitur ini akan membuat gambar terlihat lebur seperti sudah usang atau lama.
  • Grain. Fitur ini akan menambahkan titik-titik dalam gambar dengan intensitas yang dapat diatur untuk meningkatkan estetika.
  • Saturation. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengurangi dan meningkatkan intensitas dari warna-warna yang terdapat di dalam gambar.
  • Vignette. Fitur ini akan menambahkan aura gelap di sekitar objek foto sehingga cocok bagi foto-foto dengan tema gelap.
  • White Balance. Fitur ini menyeimbangkan unsure warna putih di dalam foto dengan cara mengurangi atau menambahkannya.
  • Contrast. Fitur ini digunakan untuk memperjelas perbedaan antara bagian gambar yang gelap dengan yang menerima banyak cahaya.
  • Skin Tone. Fitur ini digunakan ketika objek gambar adalah manusia karena dengan menggunakannya, warna kulit individu akan dapat diedit untuk mengikuti suasana foto.
  • Exposure. Fitur ini digunakan untuk mengatur pencahayaan dari sebuah foto.

6. Menyimpan Foto Hasil Edit

Setelah melewati tahapan panjang untuk mengubah foto yang telah diambil menggunakan kamera handphone, hal yang perlu dilakukan berikutnya adalah menyimpan hasil edit tersebut. Apabila tahapan ini dilupakan, perubahan-perubahan yang telah diterapkan ke dalam gambar bisa hilang seketika. Hal yang perlu dilakukan adalah menekan tombol “Save” yang terletak pada bagian atas layar. Pengguna disarankan untuk melakukan hal ini selama proses mengubah gambar untuk mengantipasi beberapa kondisi yang tidak diharapkan seperti aplikasi yang tiba-tiba berhenti.

Anda dapat mempublikasikan foto yang telah diubah di berbagai media sosial Anda dengan cara yang biasa. Aplikasi ini juga menyediakan komunitas online bagi para penggunanya di mana pengguna dapat mengunggah foto hasil ubahan untuk dilihat oleh khalayak luas. Semoga petunjuk untuk edit foto dengan aplikasi VSCO ini bermanfaat bagi Anda!

Cara Edit Foto Menggunakan Aplikasi VSCO di Android | admin | 4.5