Cara Melaporkan Penipuan Belanja Online Paling Mudah

Cara Melaporkan Penipuan Belanja Online – Modus kejahatan penipuan belanja online saat ini memang semakin banyak. Hal ini karena minat masyarakat untuk belanja online saat ini sudah semakin meningkat dan memberikan banyak kemudahan. Kasus penipuan tersebut bahkan beberapa di antaranya terjadi pada toko online yang sudah ternama. Kasus yang umum terjadi adalah uaang sudah ditransfer tetapi barang yang dibeli tidak kunjung tiba. Anda sebagai korban tentu wajib untuk melaporkan perihal penipauan tersebut. Harapannya tentu uang yang dikirim bisa kembali dan dapat mencegah terjadinya kejahatan di masa mendatang.

Advertisement

Yang menjadi persoalan, kebanyakan orang menjadi terlanjur panik dan bingung ketika sadar dirinya telah tertipu. Padahal jika kena tipu, Anda dapat melaporkan kasus penipuan tersebut. Sayangnya belum banyak orang yang mengetahui hal ini. Jika Anda mengalami kasus serupa, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melaporkan kejahatan tindakan penipuan belanja online.

cara melaporkan belanja penipuan online

Mencegah dan Buat Laporan ke Situs

Ketika Anda menyadari telah menjadi korban penipuan ketika sedang melakukan transaksi jual beli online, Anda sebaiknya langsung melaporkan kejahatan tersebut. Anda dapat membuka beberapa situs yang dapat menampung laporan Anda dan membaca pengalaman melaporkan penipuan online dari user lainnya. Berikut ini adalah beberapa situs yang dapat Anda tuju untuk membantu melacak nomor rekening milik pelaku. Anda dapat melaporkan penipuan online untuk mencegah terjadinya penipuan kembali oleh pelaku yang sama.

1. Kredibel.co.id

Ini adalah aplikasi berbasis web yang diklaim mampu mengidentifikasi sepak terjang dari sebuah toko online atau penjual memiliki potensi menipu atau tidak. Situs tersebut mampu melacak riwayat dari sang penjual berdasar keluhahan dan laporan dari klien lain yang sudah pernah melakukan transaksi di toko online yang bersangkutan. Fungsi situs ini lebih ke arah pencegahan terjadinya penipuan di masa mendatang oleh pelaku atau penjual yang sudah dilaporkan oleh orang lain.

Caranya, Anda hanya perlu mengisi formulir yang disediakan dengan lengkap. Jika pihak pelapor menulis laporan sesuai kriteria, nomor rekening atau nomor telepon yang dimasukkan pun nanti akan diblacklist oleh sistem di situs Kredibel.co.id. Jadi pastikan Anda melengkapi semua data yang diminta

2. Lapor.go.id

Ini merupakan layanan aspirasi sekaligus pengaduan online rakyat. Situs LAPOR sebenarnya dikembangkan oleh kantor staff Presiden. Kehadiran situs ini bermaksud untuk menjadi sarana aspirasi dan juga pengaduan berbasis sosial media yang mudah diakses dan terhubung dengan 81 lembaga/kementrian, 5 Pemda, dan 44 BUMN.

Untuk masalah penipuan belanja online misalnya , Anda juga dapat melaporkannya di situs ini. Anda dapat menceritakan kronologi kejadiannya disertai dengan bukti – bukti yang lengkap. Pihak administrator nantinya akan menindaklanjuti laporan Anda dengan melaporkannya ke kepolisian. Untuk dapat melaporkan penipauan online di situs tersebut, Anda harus mendaftarkan lebih dulu sebagai user.

3. CekRekening.id

Ini adalah salah satu situs resmi yang secara langsung dikembangkan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika. Situs yang satu ini berfungsi sebagai portal untuk mengumpulkan database rekening bank yang dianggap terindikasi melakukan tindakan pidana. Jenis rekening yang dilaporkan adalah rekening yang berkaitan dengan tindakan pidana seperti investasi bodong, modus penipuan, atau tindakan kejahatan yang lain. Adapun sumber pelaporan berasal dari masyarakat, asosiasi, aparat penegak hukum, dan juga bank.

Jika Anda sudah pernah menjadi korban penipuan belanja online, Anda dapat melaporkan nomor rekening milik pelaku. Caranya, Anda hanya perlu memasukkan informasi rekening pelaku di antaranya adalah nomor rekening, nama bank, nama pemilik, modus kejahatan, dan alur kejadian penipuan tersebut,

Selain itu, Anda juga perlu melampirkan bukti gambar pembayaran, bukti percakapan, dan bukti transfer. Semua laporan Anda akan diproses melalui tahap verifikasi lebih dulu untuk diproses ke tahap selanjutnya. Untuk penipuan yang dilakukan oleh situs jual beli online, misalnya cara melaporkan penipuan di Shopee, Anda dapat menghubungi customer service Shopee.

Cara Melaporkan Penipuan Online ke Polisi

Anda tidak perlu takut untuk melakukan cara melaporkan penipuan ke polisi secara online atas tindakan kejahatan yang terjadi pada diri Anda. Anda dapat menceritakan kronologi peristiwa penipuan belanja online yang menimpa Anda. Selanjutnya, pihak kepolisian akan mencatat data dan informasi yang Anda berikan. Selain itu bawah juga semua bukti transfer atau transaksi Anda ke pelaku sebagai alat penyidikan. Polisi nantinya akan memberikan surat tanda penerimaan laporan untuk bukti bahwa Anda sudah membuat laporan. Anda selanjutnya hanya perlu menunggu hasil perkembangan dari kasus tersebut. Harapannya, pihak kepolisian dapat bertindak dengan cepat untuk mengungkap kasus penipuan yang terjadi pada Anda.

Cara Melaporkan Penipuan Transfer Bank Secara Langsung

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan jika Anda terkena penipuan saat belanja online adalah menghubungi pihak bank terdekat secara langsung. Hal ini bertujuan agar nomor rekening milik pelaku dapat segera diblokir. Pengaduan Anda secara langsung ke bank dapat memungkinkan uang yang sudah Anda transfer ke penipu dapat dikembalikan. Namun Anda juga perlu melihat jenis bank yang digunakan oleh pelaku ketika bertransaksi. Pasalnya setiap bank memiliki prosedur masing – masing untuk mengatasi pengaduan penipuan belanja online.

Cara memblokir rekening penipu yang paling mudah dilakukan adalah Anda segera menghubungi call center bank milik pelaku. Setelah Anda yakin bahwa Anda ditipu, Anda dapat menceritakan peristiwanya. Customer service bank nanti akan memberikan syarat dan ketentuan untuk melakukan pemblokiran terhadap nomor rekening milik pelaku.

Cara di atas merupakan cara untuk melaporkan penipuan belanja online yang dapat Anda lakukan saat menjadi korban penipuan tersebut baik di toko online biasa atau toko online di media sosial. Namun Anda sebenarnya tidak harus menunggu jadi korban penipuan untum melaporkannya. Anda dapat membantu melaporkan kasus penipuan ini jika saudara, keluarga, atau teman Anda ada yang menjadi korban. Cara melaporkan penipuan online Facebook dapat Anda lakukan langsung di laman Facebook dengan melaporkan si pelaku.

Cara Melaporkan Penipuan SMS

Selain penipuan dari belanja online, tidak sedikit juga masyarakat di Indonesia yang menjadi korban penipuan via SMS. Anda sebagai sebagai pengguna ponsel tentu sering merasa kesal dengan adanya pesan masuk dari nomor yang tidak dikenal. Pesan tersebut kadang meminta sejumlah uang, minta diisikan pulsa dengan mengaku sebagai salah satu anggota keluarga, atau modus undian berhadiah.

Maraknya penyebaran SMS ini tentu meresahkan banyak masyarakat dan dapat menimbulkan kerugian. Beruntung, saat ini OJK sudah melakukan upaya yang signifikan untuk mengatassi maraknya peredaran SMS yang berisi penipuan. OJK mengancam akan memblokir nomor rekening yang diduga melakukan penipuan tersebut. Saat ini, OJK telah bekerjasma dengan perbankan untuk melakukan tindakan yang tegas tersebut bila diperkukan.

Masyarakat yang mengalami tindakan dugaan penipuan lewat SMS diharapkan untuk segera lapor kepada OJK. Anda dapat memotret layar isi SMS tersebut kemudian mengirimkan hasil Screen Capture melalui email ke konsumen@ojk.go.id . Selain itu, Anda juga dapat menghubungi Financial Customer Care atau FCC OJK. Dengan laporan dari masyarakat, secara tidak langsung ini telah mencegah tindakan penipuan.

Cara Melaporkan Penipuan Belanja Online Paling Mudah | admin | 4.5