12 Cara Mengatasi Android Yang Terendam Air

Memiliki ponsel android memang sangat membantu dalam menjalankan aktivitas dan tugas sehari-hari. Mulai dari mencari informasi terkini, melakukan transaksi pembayaran, sampai hal-hal kecil seperti sharing momen di media sosial. Namun apa jadinya jika ponsel android kesayangan kamu terendam air? Tentunya ini adalah berita buruk. Tapi tidak perlu khawatir karena kali ini kita akan membahas 12 Cara Mengatasi Android Yang Terendam Air.

Advertisement

Hal-hal seperti ini memang bisa saja terjadi dimana saja, kapan saja, dan menimpa siapa saja. Ketika ditoilet misalnya, tiba-tiba ponsel android kamu tergelincir dari sakumu dan jatuh ke bak berisi air atau ke dalam toilet. Atau bisa juga kamu menyimpan ponsel androidmu disaku pakaian dan kamu merendam pakaian tersebut tanpa tahu ada ponselmu disana.

cara mengatasi hp terendam air

Cara Mengatasi Android Yang Terendam Air

1. Jangan membiarkan android kamu terendam lebih lama. Ketika kamu menyadari ponselmu terendam, segera ambil dan keringkan. Meskipun ponsel terlihat tertutup, namun air bisa saja masuk ke celah-celah kecil seperti ke celah charging, headset, dll. Kemudian, segera matikan ponsel kamu meskipun ia masih menyala. Barulah kemudian keringkan menggunakan handuk kering.

2. Jika ponselmu terendam ketika terhubung dengan charger, maka jangan langsung diambil menggunakan tangan telanjang karena ponsel terhubung ke aliran listrik. Matikan terlebih dahulu aliran listrik secara keseluruhan. Baru kemudian ambil ponselmu yang terendam.

3. Keringkan ponsel android kamu segera setelah kamu mengambilnya dari dalam air. Gunakan kain, handuk ataupun tissue kering untuk mengeringkannya. Saat mengeringkan, lepas semua bagian-bagian ponsel kamu agar kamu bisa mengeringkannya dengan benar. Perhatikan indikator warna dikotak kecil dimana area baterai berada. Jika warnanya berubah menjadi selain putih, maka kemungkinan ada kerusakan yang cukup parah.

4. Keluarkan juga memory car beserta kartu SIM kamu dari ponsel. Ini untuk mencegah hilangnya data dari kartu-kartu tersebut yang bisa saja berisi kontak atau data penting. Keringkan kedua komponen tersebut, sama seperti kamu mengeringkan komponen lainnya.

5. Jika ponselmu menggunakan aksesori tambahan, sebaiknya lepaskan semua aksesori tersebut segera setelah kamu mengambil ponselmu dari dalam air.

Baca juga :

6. Keringkan kembali setiap komponen meskipun sebelumnya kamu sudah mengeringkannya. Ingat, jangan mengeringkan komponen dengan menjemurnya dibawah sinar matahari apalagi menggunakan api. Ini bisa berbahaya karena ponsel bisa saja meledak jika over-heated.

7. Jika kamu punya vacuum cleaner lebih baik lagi. Kamu bisa mengeringkan komponen-komponen ponsel dengan lebih sempurna. Pastikan kamu mengeringkannya secara merata.

8. Untuk bisa menyerap dan mengeluarkan air yang terperangkap didalam ponsel, kamu juga bisa menggunakan alternatif lain selain menggunakan vaccum cleaner, yaitu dengan memasukkan ponsel kedalam beras. Biarkan ponsel semalaman dan cek keesokan harinya.

9. Jika ponsel masih terasa lembab, ulangi proses pengeringan menggunakan handuk, kain, ataupun vacuum cleaner.

10. Alternatif lainnya, masukkan ponsel bersama sillica gel dan tempatkan diwadah tertutup. Biarkan selama beberapa saat agar ponsel bisa kering sepenuhnya.

11. Tidak perlu buru-buru untuk menyalakan ponsel kembali. Minimal tunggulah sampai 24 jam, baru kamu bisa coba menghidupkannya kembali.

12. Jika ponsel tidak kunjung menyala, berarti kerusakannya cukup parah. Maka kamu harus membawanya ke tempat service secepatnya.

Itulah informasi 12 Cara Mengatasi Android Yang Terendam Air. Untuk mencegah hal ini terjadi, jauhkan ponsel dari hal-hal yang melibatkan air. Pastikan kamu menempatkan ponsel ditempat-tempat kering.

12 Cara Mengatasi Android Yang Terendam Air | admin | 4.5