Cara Mudah Menonaktifkan Fitur Speed Wifi di Android 8.1 Oreo

Android 8.1 Oreo merupakan sistem operasi yang paling update yang dirilis Google diakhir tahun lalu. Ada banyak fitur didalamnya yang bisa dinikmati para pengguna ponsel pintar, khususnya ponsel keluaran Google, salah satunya fitur Speed Wifi. Namun banyak dari para pengguna yang justru ingin menonaktifkan fitur tersebut. Untuk itu, kali ini kita akan membahas Cara Mudah Menonaktifkan Fitur Speed Wifi di Android 8.1 Oreo. Fitur ini sendiri sebenarnya memberikan manfaat untuk penggunanya bisa memperkirakan kecepatan hotspot wifi publik.

Advertisement

Fitur ini memungkinkan pengguna ponsel untuk bisa terhubung ke jaringan Wifi dengan lebih cepat. Kamu akan melihat pada tampilan ponsel tanda kekuatan atau kecepatan jaringan/koneksi internet yang menunjukkan Very fast, fast, ok, dan slow. Fitur tersebut tentu memiliki maknanya. Untuk opsi very fast, kamu bisa stream video dengan kualitas HD menggunakan jaringan wifi tersebut. Opsi fast memungkinkan kamu untuk stream video namun tidak semua dalam kualitas HD. Untuk opsi OK, kamu bisa browsing situs-situs di web, menjalankan media sosial, dan streaming musik. Untuk opsi slow, kamu hanya bisa menggunakan panggilan telpon dan mengirim sms saja.

Cara Mudah Menonaktifkan Fitur Speed Wifi di Android 8.1 Oreo

Untuk jaringan very fast, ia memiliki kecepatan diatas 20 Mbps. Sedangkan untuk jaringan di kategori fast memiliki kecepatan 5-20 Mpbs. Untuk jaringan di kategori OK, kecepatannya antara 1-5 Mbps. Dan untuk jaringan di kategori slow, kecepatannya dibawah 1 Mbps. Selama fitur ini aktif, kamu sebenarnya tidak perlu khawatir karena fitur ini tidak akan muncul pada jaringan Wifi pribadi. Fitur ini juga tidak akan muncul pada jaringan yang memiliki password untuk alasan privasi ataupun keamanan jaringan.

Kamu tidak perlu mengaktifkan fitur ini secara manual karena ia sudah tersetting secara otomatis. Namun jika kamu ingin tahu Cara Mudah Menonaktifkan Fitur Speed Wifi di Android 8.1 Oreo, berikut langkah-langkah sederhananya:

1. Masuk ke menu Setting di ponsel kamu.

2. Selanjutnya pilih Network&Internet

3. Darisitu, kamu bisa pilih opsi Wifi Preference

4. Lalu pilih opsi Advance

5. Kemudian pilih network rating provide

6. Lalu kamu tinggal pilih None

7. Kini fitur ini sudah dalam kondisi non-aktif.

Perlu kamu ingat bahwa pengaturan fitur Speed Wifi ini sudah default atau sudah terpasang secara otomatis karena bawaannya. Fitur ini juga secara otomatis tetap aktif. Namun kamu bisa menonaktifkannya dengan langkah-langkah diatas.

Baca juga : Cara Cek Penggunaan RAM Pada Android Oreo

Dengan adanya fitur Speed Wifi, ini memungkinkan kamu untuk mengetahui dan memilih Wifi mana yang memiliki konektivitas tercepat agar kamu bisa mengakses internet. Fitur ini memang hanya tersedia di ponsel dengan sistem operasi 8.1 Oreo. Sementara itu, sistem operasi terbaru ini juga masih tersedia secara terbatas. Smartphone yang telah disematkan sistem operasi terbaru ini ialah smartphone keluaran Google seperti Pixel, Pixel 2, Nexus 5X dan Nexus 6P.

Fitur Speed Wifi memang memberikan manfaat untuk para pengguna ponsel dengan sistem operasi android 8.1 Oreo terutama yang suka memanfaatkan fitur Wifi untuk berselancar didunia maya. Namun selalu mengaktifkan fitur Wifi atau pelacak jaringan Wifi banyak dirasa kurang nyaman oleh para pengguna ponsel android. Jika kamu merasakan hal yang sama dan tidak ingin mengaktifkan fitur speed Wifi di mode otomatis, maka kamu bisa menggunakan Cara Mudah Menonaktifkan Fitur Speed Wifi di Android 8.1 Oreo seperti yang telah disebutkan diatas. Kamu bisa mengaktifkannya kembali kapanpun kamu membutuhkannya.

Pencarian Terkait:

Cara mengatur hotspot pribadi pada android oreo 8 1
Cara Mudah Menonaktifkan Fitur Speed Wifi di Android 8.1 Oreo | admin | 4.5